Identifikasi Siswa Kelas Unggulan SMK Padang Panjang Dengan Menggunakan Algoritma k-Means Clustering
Keywords:
Keywords: K-Means, clustering, data mining, pengelompokan siswaAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means dalam pengelompokan siswa berdasarkan nilai semester
1 dan semester 2 untuk menentukan kelas unggulan di SMK Padang Panjang. Data yang digunakan terdiri dari 388 siswa,
di mana proses clustering dilakukan dengan menghitung jarak antara data dan centroid menggunakan rumus Euclidean.
Algoritma K-Means dipilih karena kemampuannya yang sederhana dan efektif untuk mengelola data dalam jumlah besar.
Setelah melalui empat iterasi, hasil clustering mencapai kestabilan pada iterasi ke-3 dan ke-4, dengan pembagian cluster
dan nilai centroid yang tidak mengalami perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma K-Means berhasil
mengelompokkan siswa secara optimal berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, sehingga dapat mendukung
pengambilan keputusan terkait penentuan kelas unggulan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.