PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM GAME “KETEGUHAN LISA” MENGGUNAKAN RPG MAKER MV DAN ANDROID STUDIO

Authors

  • Ahmad Amri
  • Zara Yunizar
  • Hafizh Al Kautsar Aidilof

Keywords:

Keywords: Game Edukasi; Finite State Machine; RPG; Pembelajaran Digital; Android.

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi telah mendorong popularitas permainan video di kalangan anak-anak, namun banyak

dari Game yang ada saat ini kurang memberikan nilai edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan

Game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) yang menggunakan metode Finite State Machine (FSM) dalam

pengembangan alur cerita dan logika permainan. Game "Keteguhan Lisa" dirancang menggunakan RPG Maker

MV dan Android Studio, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan literasi digital siswa Sekolah

Dasar. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing dan evaluasi pengalaman pengguna melalui System

Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game ini diterima dengan baik oleh siswa, dengan

skor SUS sebesar 78.5, yang tergolong dalam kategori "Good". Game ini berhasil menggabungkan elemen edukasi

dan hiburan, menjadikannya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Published

2024-11-01