PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM GAME “KETEGUHAN LISA” MENGGUNAKAN RPG MAKER MV DAN ANDROID STUDIO
Keywords:
Keywords: Game Edukasi; Finite State Machine; RPG; Pembelajaran Digital; Android.Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi telah mendorong popularitas permainan video di kalangan anak-anak, namun banyak
dari Game yang ada saat ini kurang memberikan nilai edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
Game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) yang menggunakan metode Finite State Machine (FSM) dalam
pengembangan alur cerita dan logika permainan. Game "Keteguhan Lisa" dirancang menggunakan RPG Maker
MV dan Android Studio, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan literasi digital siswa Sekolah
Dasar. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing dan evaluasi pengalaman pengguna melalui System
Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game ini diterima dengan baik oleh siswa, dengan
skor SUS sebesar 78.5, yang tergolong dalam kategori "Good". Game ini berhasil menggabungkan elemen edukasi
dan hiburan, menjadikannya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.