KLASTERISASI DAN SEGMENTASIPELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ORDERING POINTS TO IDENTIFY THE CLUSTERING STRUCTURE (OPTICS) DAN DBSCAN
Keywords:
Keywords: OPTICS, DBSCAN, clustering, pelanggan, pendapatan,pengeluaranAbstract
Abstrak
Pengelompokan pada customer merupakan salah satu kiat yang bertujuan untuk menganalisa pengaruh beberapa
faktor yang menentukan para pengunjung pada sebuah Mall. Faktor atau fitur yang digunakan dalam menganalisa
perngaruh tersebut adalah pendapatan pertahun dan juga nilai pembelanjaan. Penelitian ini menggunakan metode
clustering dengan algoritma Ordering points to identify the clustering structure (OPTICS). Hasil Analisa dari
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat cluster yang dihasilkan diantaranya pelanggan dengan pendapatan
rendah dan pengeluaran rendah, pelanggan dengan pendapatan tinggi dan pengeluaran tinggi, pelanggan dengan
pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah. Perbandingan antara algoritma OPTICS dengan algoritma DBSCAN
menunjukkan bahwa hasil klasterisasi yang dihasilkan oleh algoritma OPTICS lebih lebih unggul. Dan hasil akhir
yang didapat dari penerapan algoritma Ordering points to identify the clustering structure (OPTICS) adalah para
pengunjung yang memiliki penghasilan tinggi dan nilai pembelanjaan rendah dapat menjadi perhatian para pihak
mall unutk meningkatkan faktor agar para pengunjung dapat menjadi lebih royal dan pengunjung ini dapat menjadi
revenue bagi pihak mall di masa yang akan mendatang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.