PENGARUH VARIABEL KUALITAS, KUANTITAS, HARGA, TEMPAT DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK ROTI DI UD. PALESTINA BAKERY
Keywords:
Marketing Mix, Penjualan Roti, Regresi Berganda, UD. Palestina Bakery, Variabel Penjualan RotiAbstract
UD. Palestina Bakery merupakan usaha yang bergerak dibidang produksi roti. Dalam kegiatan proses penjualannya usaha ini mengalami permasalahan yaitu keputusan pembelian konsumen yang rendah sehingga mengakibatkan tingkat permintaan produk roti semakin menurun. Adanya dilakukan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui besar nilai pengaruh faktor-faktor yang telah diidentifikasi terhadap keputusan pembelian melalui survei awal terhadap konsumen. Dalam penelitian ini digunakan 2 kuesioner yaitu kuesioner terbuka dan tertutup, yang mana kuesioner terbuka digunakan dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor keluhan sedangkan kuesioner tertutup digunakan dengan tujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari faktor-faktor yang telah diidentifikasi dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan jumlah responden sebesar 60 responden. Dari kuesioner terbuka diperoleh beberapa keluhan konsumen merujuk pada faktor kualitas produk, kuantitas produk, harga, tempat dan kemasan. Sedangkan hasil analisis data dengan kuesioner tertutup menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu faktor kualitas sebesar 16,2%, faktor kuantitas sebesar 16,2%, faktor tempat sebesar 55,6% dan faktor kemasan sebesar 13%, sedangkan harga berpengaruh tidak signifikan. Dengan demikian faktor tempat harus menjadi perhatian utama yaitu dengan memaksimalkan menjual roti pada tempat-tempat strategis dan yang ramai dikunjungi konsumen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the proceeding right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this proceeding.
All articles in this proceeding may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the proceeding's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this proceeding.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the Seminar Nasional Teknik Industi [SNTI] as the first party to publish the article.