PENGARUH VARIABEL KUALITAS, KUANTITAS, HARGA, TEMPAT DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK ROTI DI UD. PALESTINA BAKERY

Authors

  • Muhammad Rafli Malikussaleh University
  • Subhan A. Gani Malikussaleh University
  • Syamsul Bahri Malikussaleh University

Keywords:

Marketing Mix, Penjualan Roti, Regresi Berganda, UD. Palestina Bakery, Variabel Penjualan Roti

Abstract

UD. Palestina Bakery merupakan usaha yang bergerak dibidang produksi roti. Dalam kegiatan proses penjualannya usaha ini mengalami permasalahan yaitu keputusan pembelian konsumen yang rendah sehingga mengakibatkan tingkat permintaan produk roti semakin menurun. Adanya dilakukan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui besar nilai pengaruh faktor-faktor yang telah diidentifikasi terhadap keputusan pembelian melalui survei awal terhadap konsumen. Dalam penelitian ini digunakan 2 kuesioner yaitu kuesioner terbuka dan tertutup, yang mana kuesioner terbuka digunakan dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor keluhan sedangkan kuesioner tertutup digunakan dengan tujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari faktor-faktor yang telah diidentifikasi dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan jumlah responden sebesar 60 responden. Dari kuesioner terbuka diperoleh beberapa keluhan konsumen merujuk pada faktor kualitas produk, kuantitas produk, harga, tempat dan kemasan. Sedangkan hasil analisis data dengan kuesioner tertutup menunjukkan  faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu faktor kualitas sebesar 16,2%, faktor kuantitas sebesar 16,2%, faktor tempat sebesar 55,6% dan faktor kemasan sebesar 13%, sedangkan harga berpengaruh tidak signifikan. Dengan demikian faktor tempat harus menjadi perhatian utama yaitu dengan memaksimalkan menjual roti pada tempat-tempat strategis dan yang ramai dikunjungi konsumen.

Downloads

Published

2023-12-30