ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX DAN METODE SWOT DI UD. X
Keywords:
analisis SWOT, diagram cartesius, marketing mix, matriks IFAS, matriks EFASAbstract
Penelitian ini dilakukan di UD. X yang berlokasi di JL. Medan-Banda Aceh, Loskala, Kota Lhokseumawe. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah di lakukan terdapat permasalahan yaitu tidak tercapainya target penjualan dikarenakan perusahaan menerapkan sistem refund yang berarti jika produk tidak terjual dan berjamur sepenuhmya menjadi tanggung jawab perusahaan dan digantikan dengan roti yang baru. Perusahaan juga harus memperhatikan pesaing-pesaing yang memproduksi roti yang sejenis. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang di lakukan UD. X dalam meningkatkan target penjualan dan guna mengatasi perusahaan pesaing-pesaing sejenis dengan menggunakan SWOT dan Marketing Mix yaitu: 1. Marketing Mix (a) Produk roti yang enak dan lembut, (b) Price yang relatife murah dan terjangkau dengan kualitas terbaik. (c) Place memiliki letak perusahaan yang cukup strategis, namun memiliki bentuk bangunan yang kurang menarik. (d) Promotion, perusahaan masih menerapkan metode personal selling dan perusahaan belum mempromosikan produk nya ke media sosial. (e) People konsumen menyatakan secara umum bahwa penampilan karyawan yang menarik dan perilaku karyawan yang ramah dan sopan. (f)Process, pendistribusian produk roti menggunakan 2 mobil box. (g) Bukti fisik, adanya bukti rekapan roti yang terjual dan yang tidak terjual. 2. Analisis SWOT dengan nilai Matriks IFAS tertinggi yaitu 3,81 untuk faktor internal kekuatan, dan nilai matriks EFAS tertinggi yaitu 3,45 untuk faktor eksternal ancaman, serta didapatkan Diagram cartesius yaitu pada kuadran II yang berarti kuadaran yang mengalami berbagai ancaman, namun perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the proceeding right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this proceeding.
All articles in this proceeding may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the proceeding's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this proceeding.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the Seminar Nasional Teknik Industi [SNTI] as the first party to publish the article.