ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX DAN METODE SWOT DI UD. X

Authors

  • Engky Alvarizi Universitas Malikussaleh
  • Bakhtiar Universitas Malikussaleh
  • Syukriah Universitas Malikussaleh

Keywords:

analisis SWOT, diagram cartesius, marketing mix, matriks IFAS, matriks EFAS

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UD. X yang berlokasi di JL. Medan-Banda Aceh, Loskala, Kota Lhokseumawe. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah di lakukan terdapat permasalahan yaitu tidak tercapainya target penjualan dikarenakan perusahaan menerapkan sistem refund yang berarti jika produk tidak terjual dan berjamur sepenuhmya menjadi tanggung jawab perusahaan dan digantikan dengan roti yang baru. Perusahaan juga harus memperhatikan pesaing-pesaing yang memproduksi roti yang sejenis. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang di lakukan UD. X dalam meningkatkan target penjualan dan guna mengatasi perusahaan pesaing-pesaing sejenis dengan menggunakan SWOT dan Marketing Mix yaitu: 1. Marketing Mix (a) Produk roti yang enak dan lembut, (b) Price yang relatife murah dan terjangkau dengan kualitas terbaik. (c) Place memiliki letak perusahaan yang cukup strategis, namun memiliki bentuk bangunan yang kurang menarik. (d) Promotion, perusahaan masih menerapkan metode personal selling dan perusahaan belum mempromosikan produk nya ke media sosial. (e) People konsumen menyatakan secara umum bahwa penampilan karyawan yang menarik dan perilaku karyawan yang ramah dan sopan. (f)Process, pendistribusian produk roti menggunakan 2 mobil box. (g) Bukti fisik, adanya bukti rekapan roti yang terjual dan yang tidak terjual. 2. Analisis SWOT dengan nilai Matriks IFAS tertinggi yaitu 3,81 untuk faktor internal kekuatan, dan nilai matriks EFAS tertinggi yaitu 3,45 untuk faktor eksternal ancaman, serta didapatkan Diagram cartesius yaitu pada kuadran II yang berarti kuadaran yang mengalami berbagai ancaman, namun perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internal.

Downloads

Published

2023-12-30