Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan T.Syiek Moh.Said Pasar Cunda Kota Lhokseumawe
Keywords:
Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Kapasitas, PKJI 2014Abstract
AbstrakJalan T.Syiek Moh. Said pasar Cunda, Kota Lhokseumawe merupakan jalan utama dalam melakukan aktivitas pasar dan aktivitas sekolah. Jalan tersebut saat ini mengalami kemacetan (penumpukan kendaraan) pada jam-jam tertentu, misalnya saat waktu pergi atau pulang sekolah. serta adanya hambatan samping pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan T.Syiek Moh. Said serta pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan beberapa survei yaitu survei volume lalu lintas, survei hambatan samping dan survei kecepatan. Penelitian ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) untuk jalan perkotaan. Berdasarkan hasil perhitungan didapat volume lalu lintas pada Pasar Cunda, adalah 294,4 skr/jam, Kapasitas pada jalan tersebut adalah 2.043,63 skr/jam dan nilai Dj adalah 0,14 tingkat pada pelayanan jalan tersebut adalah A. Kapasitas pada jalan pada kondisi hambatan samping dianggap stabil adalah 2.202,57 skr/jam dan nilai Dj adalah 0,13 tingkat pada pelayanannya adalah A, sehingga didapat kesimpulan bahwa hambatan samping mempengaruhi kapasitas dan derajat kejenuhan, namun pengaruh tersebut tidak signifikan.
Kata kunci: Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Kapasitas, PKJI 2014.
Abstract
Jalan T. Syiek Moh. Said Cunda market, Lhokseumawe City is a street dominated by market activities and school activities, which experiences a buildup of vehicles when going to or from school hours and is made worse by the presence by side barriers on the street. This research is to determine the performance of the T.Syiek Moh. Said section street and effect of side friction on the performance of the road section. This research carried out several surveys, namely traffic volume surveys, a side friction survey and speed surveys. The calculations in this research refer to (PKJI 2014) for urban roads. Based on the calculation results, the traffic volume at Cunda Market is 294.4 cur/hour, the capacity on the road is 2,043.63 cur/hour and the Dj value is 0.14. The level of service on the road is A. Capacity on the road under conditions The side resistance considered stable is 2,202.57 cur/hour and the Dj value is 0.13. The service level is A, so it can be concluded that the side resistance affects capacity and degree of saturation, but this influence is not significant.
Keywords: Capacity, Degree of Saturation, PKJI 2014, Side Barriers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.