Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Binjai, Sumatera Utara

Authors

  • Lis Ayu Widari Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Emalianta Br Pa Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Nura Usrina Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Said Jalalul Akbar
  • Yovi Chandra Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh

Keywords:

Kinerja jalan, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan, Regresi

Abstract

Abstrak

 

Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Binjai merupakan penghubung antara Binjai Utara dan Kwala Begumit serta daerah dengan aktivitas sisi jalan yang tinggi, disebabkan oleh keberadaan pasar juga pusat hiburan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kinerja ruas jalan. Oleh karena itu diperlukan adanya alternatif penanganan guna meningkatkan kinerja jalan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia tahun 2014. Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 7 hari, dimulai dari pukul 06.00 – 18.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Data yang diambil yaitu data volume kendaraan, kecepatan kendaraan, data hambatan samping serta data penunjang lainnya, kemudian di analisa menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan standar perhitungan PKJI 2014 diperoleh kapasitas 3357,5 skr/jam, volume jam puncak berkisar antara 1438,6 sampai 2205,5 skr/jam, kecepatan berkisar antara 29,5-34,9 km/jam dan tingkat pelayanan jalan C. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh model terbaik besar kontribusi hambatan samping terhadap volume adalah 97,6% dengan model persamaannya Y= 539.876 + 1.060X2 + 0.646X3. Faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah kendaraan parkir dan berhenti juga kendaraan keluar masuk, sehingga perlu dilakukan realokasi/penertiban pedagang kaki lima ke tempat yang sudah disediakan oleh Pemko Kota Binjai juga penyertaan kebijakan perparkiran sehingga kendaraan parkir akan lebih efektif dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

 

Kata kunci: Kinerja jalan, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan, Regresi

 

Abstact

 

Jalan Perintis Kemerdekaan, Binjai City, is a link between North Binjai and Kwala Begumit and an area with high roadside activity, caused by the presence of markets as well as entertainment centers. This causes a decrease in the performance of the road section. Therefore, alternative treatments are needed to improve road performance using the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines. Data collection in the field was carried out for 7 days, starting from 06.00 -18.00WIB with a time interval of 15 minutes. The data taken are vehicle volume data, vehicle speed, sample obstacle data and other supporting data, then analyzed using the multiple linear regression method using the 2014 PKJI calculation standard to obtain a capacity of 3357.5 km/hour, peak hour volume ranging from 1438.6 to 2205.5 km/hour, speed ranging from 29.5-34.9 km/hour and road service level C. Based on the results of multiple linear regression analysis, the best model obtained for the contribution of side obstacles to volume is 97.6% with the equation model Y = 539.876 + 1.060X2 + 0.646X3. The most influential side obstacle factors are parking and stopping vehicles as well as vehicles in and out, so it is necessary to reallocate / control street vendors to the place provided by the City Government of Binjai as well as the inclusion of parking policies so that parking vehicles will be more effective and not interfere with the smooth flow of traffic.

 

Keywords: Road performance, Side Obstacles, Level of Service, Regression

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Lis Ayu Widari, Emalianta Br Pa, Nura Usrina, Said Jalalul Akbar, & Yovi Chandra. (2024). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Binjai, Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Dan Arsitektur (Senastesia), 1(-), 033. Retrieved from https://proceedings.unimal.ac.id/senastesia/article/view/424

Most read articles by the same author(s)