Rekayasa Jalan Raya Terhadap Perkembangan Ekonomi Wilayah

Authors

  • Iko Rahmandi Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Fahkrul Rozi Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Zulham Syahputra Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Ruhdi Ningkowin Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Ryan Fernanda Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Herman Fithra Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh

Keywords:

jalan raya, Transportasi, Rekayasa

Abstract

Abstrak

 

Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat, sebaliknya peningkatan taraf hidup masyarakat akan berdampak pada kondisi prasarana transportasi jalan raya. Sektor transportasi masyarakat darat dengan prasarana jalan raya merupakan bagian transportasi yang paling besar menerima pengaruh adanya peningkatan taraf hidup, karena fungsi utama jalan raya adalah sebagai prasarana untuk melayani pergerakan lalu lintas manusia dan barang secara aman, nyaman, cepat dan ekonomis menuntut adanya jalan raya yang memenuhi persyaratan tertentuStudi pustaka adalah pendekatan penting dalam mendalami dan memahami topik yang kompleks dan multisiplin seperti perencanaan perkerasan jalan raya. Metode ini melibatkan penyelidikan, evaluasi, dan studi literatur yang relevan untuk membangun yang pemahaman tentang subjek yang sedang di teliti. Rekayasa jalan raya merupakan salah satu cabang ilmu Teknik yang melibatkan perencanaan design, kontruksi, dan pemeliharaan system jalan raya. Tujuan dari rekayasa jalan raya adalah untuk menciptakan jalan raya yang aman, efisien dan berkelanjutan.Dalam kesimpulan ini rekayasa jalan raya adalah ilmu yang sangat penting untuk menghadapi perkembangan yang sangat pesat ini, rekayasa jalan raya adalah aspek yang sangat penting dalam pembangunan jalan, tetapi juga penting untuk perkembangan ekonomi.

 

Kata Kunci: jalan raya, Transportasi, Rekayasa

 

 

Abstract

 

Roads are transportation infrastructure that affects the social and economic development of the community, otherwise the improvement of people's living standards will have an impact on the condition of road transportation infrastructure. The transportation sector of the land community with road infrastructure is the part of transportation that is most affected by the improvement of living standards, because the main function of the highway is as an infrastructure to serve the movement of human traffic and goods safely, comfortably, quickly and economically, demanding a highway that meets certain requirementsLiterature study is an important approach in exploring and understanding complex and multidisciplinary topics such as highway pavement planning. This method involves the investigation, evaluation, and study of relevant literature to build an understanding of the subject being researched. Highway engineering is a branch of engineering that involves the design, construction, and maintenance of highway systems. The goal of highway engineering is to create safe, efficient and sustainable highways. In conclusion, highway engineering is a very important science to face this very rapid development, highway engineering is a very important aspect in road construction, but also important for economic development.

 

Keywords: highway, Transportation, Engineering

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Iko Rahmandi, Fahkrul Rozi, Zulham Syahputra, Ruhdi Ningkowin, Ryan Fernanda, & Herman Fithra. (2024). Rekayasa Jalan Raya Terhadap Perkembangan Ekonomi Wilayah. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Dan Arsitektur (Senastesia), 1(-), 009. Retrieved from https://proceedings.unimal.ac.id/senastesia/article/view/299

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>