Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Mengendalikan Krisis Air Bersih

Authors

  • Ahmad Ghifari Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Nur Wijaya Ningsih Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Ade Khairina Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Ruben Sri Bintang Virnanda Sianipar Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh
  • Al-Amin Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh

Keywords:

Air, Dampak, Krisis, Limbah, Solusi

Abstract

Abstrak

 

Krisis air bersih melanda negara berkembang Indonesia. Krisis ini disebabkan oleh pendidikan yang buruk dan ekonomi yang buruk. sehingga limbah yang dihasilkan oleh perilaku warga mencemari banyak sumber air bersih. Dengan mempertimbangkan masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan krisis air bersih di Indonesia. Untuk mengumpulkan data, metode kualitatif akan digunakan, dan penulis akan sering menggunakan studi literatur sebagai referensi untuk data yang diperoleh dari studi pustaka, yang meliputi buku, artikel, jurnal, dan artikel yang dipublikasikan di media elektronik.Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah akan pentingnya mempertahankan linkungan termasuk sumber daya air., diharapkan pula membantu masyarakat dan juga pemerintah untuk mencari solusi Untuk menjaga dan melestarikan sumber daya agar tidak terjadi krisis air bersih yang melanda Indonesia.

 

Kata kunci: Air, Dampak, Krisis, Limbah, Solusi

 

Abstract

 

The clean water crisis is hitting the developing country of Indonesia. This crisis is caused by poor education and a bad economy. So the waste produced by residents' behavior pollutes many clean water sources. By considering this problem, this research aims to identify the factors that cause the clean water crisis in Indonesia. To collect data, qualitative methods will be used, and the author will often use literature studies as a reference for data obtained from literature studies, which include books, articles, journals, and articles published in electronic media. This research is expected to increase public awareness and The government will emphasize the importance of maintaining the environment, including water resources. It is hoped that it will also help the community and the government to find solutions to maintain and preserve resources so that there is no clean water crisis that hits Indonesia.

 

Keywords: Water, Crisis, Impact, Waste, Solution

 

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Ahmad Ghifari, Nur Wijaya Ningsih, Ade Khairina, Ruben Sri Bintang Virnanda Sianipar, & Al-Amin. (2024). Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Mengendalikan Krisis Air Bersih. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Dan Arsitektur (Senastesia), 1(-), 010. Retrieved from https://proceedings.unimal.ac.id/senastesia/article/view/300